Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Teknisi memasang perangkat Base Transceiver Station (BTS) di salah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone\\r\\n
Lihat Foto
Premium

Strategi Emiten Sektor Telekomunikasi di Tengah Ketatnya Kompetisi

Setiap pemain di sektor telekomunikasi menargetkan perluasan jaringan untuk bisa menambah jangkauan pelanggan.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com
31 Desember 2021 | 07:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Konsolidasi para pemain dalam sektor telekomunikasi dan menara akan semakin memperketat persaingan. Perluasan jaringan dan target penambahan pelanggan akan membuat kompetisi semakin semarak.

Dari sisi operator telekomunikasi, setiap pemain menargetkan perluasan jaringan untuk bisa menambah jangkauan pelanggan. Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys menegaskan bahwa perseroan akan mulai berekspansi ke Indonesia Timur.

“Investasi kesana memang mahal dibandingkan dengan daerah lain. Tetapi, bukan berarti tidak kesana, karena kami melakukan secara bertahap. Mulai tahun depan kami akan coba kembangkan ke Indonesia Timur,” uungkap Merza, dikutip Kamis (30/12/2021).

Adapun untuk saat ini sinyal anak usaha Grup Sinar Mas itu telah menjangkau Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Merza mengatakan untuk saat ini tantangan perluasan jaringan ke Indonesia Timur berasal dari segi teknis. Misalnya penentuan lokasi, izin, material hingga tenaga kerja. Maka itu perseroan akan melakukan kolaborasi untuk berekspansi.

Selain itu, emiten berkode saham FREN tersebut juga bekerja sama dengan entitas usaha Alibaba untuk membentuk perusahaan patungan. Unit usaha anyar itu bernama PT Nuri Gaya Citra yang ditargetkan memberi nilai tambah digital kepada pelanggan sehingga engagement antara keduanya meningkat.

Sementara itu, PT Indosat Ooredo Tbk. (ISAT) telah menerima persetujuan untuk merger dengan Hutchinson Tri Indonesia. SVP Corporate Communication Indosat Steve Saerang mengatakan Indosat meyakini bahwa meningkatnya kesiapan ekosistem digital akan mempercepat adaptasi dari pelanggan terhadap teknologi yang lebih baru.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top