Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Papan penunjuk logo Alibaba Group Holding Ltd. di kantor pusat perusahaan di Hangzhou, China.  - Bloomberg
Lihat Foto
Premium

Agresifnya Entitas Grup Sinar Mas dan Peluang Mengguritanya Alibaba

Alibaba tampaknya berupaya terus menancapkan cengkeram bisnisnya di Indonesia. Langkah itu pun disambut oleh entitas Grup Sinar Mas yakni PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN).
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
28 Desember 2021 | 15:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Agresifnya emiten yang merupakan entitas Grup Sinar Mas yakni PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dalam melakukan aksi korporasi, rupanya disambut baik oleh Alibaba Group.

Kongsi Alibaba Group dengan perusahaan Indonesia semakin mesra usai melakukan perjanjian perusahaan patungan atau joint venture dengan emiten telekomunikasi berkode ticker FREN tersebut.

Adapun perusahaan patungan yang terbentuk pada 22 Desemeber 2021 adalah PT Nuri Gaya Citra (NGC). Dalam hal ini FREN membentuk NGC melalui anak usahanya PT SF Digital Commerce (SFDC). Kepemilikan Alibaba dalam JV diwakili oleh perusahaan afiliasi yakni Fonixtree Digital Singapore Ltd. (FDSL).

FDSL sendiri merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan Whale Cloud Technology Co., Ltd, sebagai bagian dari ekosistem Alibaba milik Jack Ma.

Kerja sama kali ini mendorong percepatan transformasi digital Smartfren dengan memanfaatkan solusi teknologi Business Support System (BSS) dan Operation Support System (OSS) milik Whale Cloud. 

Perusahaan itu disebut sebagai mitra penting dalam ekosistem layanan perangkat lunak Alibaba Cloud yang berfokus sebagai perusahaan global terkemuka di bidang teknologi intelejen data, dan diklaim sebagai pemimpin dunia dalam transformasi digital.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top