Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tambang Tujuh Bukit milik PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA). - merdekacoppergold.com
Lihat Foto
Premium

Jejak Crazy Rich China dalam Rights Issue MDKA

Ambisi MDKA mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik memikat perusahaan yang terafiliasi dengan salah satu orang terkaya China.
Mutiara Nabila, Ika Fatma, & M. Nurhadi Pratomo
Mutiara Nabila, Ika Fatma, & M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
23 Desember 2021 | 08:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pertambangan logam afiliasi Grup Saratoga, PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), tengah menyiapkan aksi penambahan modal dengan skema rights issue.

Merdeka Copper Gold berencana mela­kukan penawaran umum terbatas (PUT) atau rights issue seba­nyak 1,20 miliar saham de­ngan harga pelaksanaan Rp2.830 per saham. Lewat aksi kor­­porasi itu, MDKA berpotensi meng­himpun dana segar Rp3,41 triliun.

“Perseroan berencana untuk menggunakan seluruh dana bersih yang diperoleh dari PUT II ini [setelah dikurangi biaya dan ongkos penerbitan saham] antara lain untuk kebutuhan likuiditas umum, belanja modal, dan modal kerja,” tulis manajemen Merdeka Copper Gold dalam prospektus yang dikutip Rabu (22/12/2021).

Untuk memuluskan rencana tersebut, MDKA menjadwalkan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 27 Januari 2022. Sesuai dengan ketentuan Pasal 8 ayat (3) POJK HMETD, jangka waktu antara tanggal persetujuan RUPSLB sehubungan dengan PUT II sampai dengan efektifnya pernyataan pendaftaran tidak lebih dari 12 bulan.

Simon Milroy, Wakil Presiden Direktur dan CEO Merdeka Copper Gold, menyampaikan Hong Kong Brunp Catl Co. Ltd., berkomitmen untuk menjadi investor strategis MDKA dalam rencana rights issue.

Perusaahaan afiliasi Contemporary Amperex Technology Co., Limited (Brunp Catl) itu membidik kepemilikan saham MDKA hingga 5 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top