Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Peternak memanen telur ayam di peternakan kawasan Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/2/2020).  ANTARA FOTO - Yulius Satria Wijaya
Lihat Foto
Premium

Pemulihan Sektor Unggas Berlanjut di 2022, Bagaimana Nasib JPFA & WMUU

Sektor perunggasan diperkirakan melanjutkan pertumbuhan dan proses pemulihannya pada 2022. Lalu bagaimana dampaknya terhadap sejumlah emiten perunggasan?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
15 Desember 2021 | 16:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah mengalami pertumbuhan yang terbilang kuat pada tahun ini, sektor perunggasan diperkirakan pertumbuhan yang relatif moderat pada 2022.

Adapun, harga komoditas unggas pada 2021 mengalami pemulihan dari tahun sebelumnya. Di sisi lain volatilitas harganya juga terbilang terkendali. Pergerakan harga day old chick (DOC) tahun ini terlihat lebih stabil dibandingkan dengan pergerakan liarnya selama semester I/2020, saat pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Para analis memperkirakan permintaan ayam unggas akan sedikit lebih kuat tahun depan, meskipun pertumbuhannya berpotensi tak terlalu signifikan.

Analis Mirae Asset Sekuritas Emma A. Fauni menilai kondisi tersebut sejalan dengan pendangan netral pada sektor bahan pokok konsumen dan serta dukungan fiskal untuk belanja sosial yang akan dinormalisasi pada 2022.

Setelah menyaksikan pemulihan yang kuat pada kuartal IV/2020 hingga kuartal III/2021, sekuritas menilai pendapatan emiten sektor poultry kembali turun pada kuartal II/2021. Hal itu tak lepas dari penurunan harga broiler dan DOC karena PPKM darurat diberlakukan pada Juli hingga Agustus untuk menekan lonjakan kasus Covod-19. 

Kendati demikian, lanjutnya, tidak butuh waktu yang lama bagi harga broiler dan DOC untuk kembali pulih ke level normal. Katalis yang mendorong hal tersebut adalah langkah responsif pemerintah untuk embantu memperbaiki keseimbangan harga dengan menerapkan instruksi afkir dinin. Adapun kerugiaan besar pada kuartal III/2021 diperburuk oleh kenaikan harga bahan baku.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top