Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Mitra layanan ojek daring Gojek menunjukkan logo merger perusahaan Gojek dan Tokopedia yang beredar di media sosial di shelter penumpang Stasiun Kereta Api Sudirman, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Sejumlah mitra pengemudi Gojek berharap mergernya dua perusahan startup Gojek dan Tokopedia memberikan dampak positif bagi kalangan mitra dengan meningkatnya bonus dan insentif karena penggabungan tersebut telah meningkatkan nilai atau valuasi perusahaan. - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Lihat Foto
Premium

IPO GoTo & Risiko Karpet Merah Regulator untuk Investor Saham Ritel

Perusahaan yang memiliki saham MVS akan menarik bagi investor institusi dengan dana besar namun menyulitkan bagi ritel dengan dana investasi terbatas.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
08 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak ada lagi penghalang signifikan bagi Grup GoTo, Traveloka dan perusahaan startup Tanah Air untuk menggelar initial public offering (IPO). Hambatan terbesar itu yakni aturan pemegang saham pengendali telah terselesaikan dengan terbitnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) tentang saham dengan hak suara multiple (MVS) pada Selasa (7/1/2021). 

“POJK ini mengatur mengenai penerapan saham dengan hak suara multipel, yaitu satu saham memberikan lebih dari satu hak suara kepada pemegang saham yang memenuhi persyaratan tertentu,” tulis OJK dalam siaran pers Selasa (7/12/2021).

OJK menekankan penerbitan ketentuan soal MVS sebagai upaya mendorong pendalaman pasar keuangan. Khususnya sektor pasar modal. Namun, bisik-bisik yang terang dari kalangan investor, beleid ini membuka jalan bagi startup dengan valuasi jumbo untuk listing dalam waktu dekat.

Ada beberapa ketentuan yang diatur dalam POJK baru tersebut. Salah satu poin yang penting adalah jangka waktu penerapan MVS paling lama 10 tahun dan dapat diperpanjang sekali. Regulasi ini juga melarang tegas pemegang saham MVS untuk mengalihkan sahamnya dalam kurun 2 tahun setelah pernyataan pendaftaran menjadi efektif.

Pada mata acara RUPS tertentu dalam RUPS perusahaan, saham MVS juga diminta tetap memiliki hak suara sama dengan saham biasa.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top