Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Saham-saham di Bursa Efek Indonesia diyakini akan terus naik seiring perbaikan ekonomi Indonesia. - Bisnis / Dedi Gunawan.
Lihat Foto
Premium

Shio Macan Air Menaungi IHSG 2022, Konsensus Proyeksi Emiten Cuan Luber

Derasnya arus modal asing, membuat pengelola dana memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbuh hingga dua digit tahun depan mengejar 7.600. Apa saja pendorong IHSG pada tahun Macan Air itu?
Dwi Nicken Tari & Annisa Saumi
Dwi Nicken Tari & Annisa Saumi - Bisnis.com
08 Desember 2021 | 10:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten di Bursa Efek Indonesia diyakini akan membukukan cuan luber pada 2022 mendatang seiring melonjaknya perekonomian secara makro. Pada 2022 sendiri, shio yang menaunginya dalam kalender masyarakat China adalah tahun Macan Air.

Kinerja sepanjang 9 bulan pertama 2021 telah mengkonfirmasi ini. Maka tidak heran berdasarkan konsensus yang dihimpun Bloomberg, laporan yang menjadi dasar dividen pada 2022 mendatang ataupun aksi korporasi lainnya akan mencatatkan rata-rata pertumbuhan profitabilitas 30 persen atas kinerja tahun ini. Sedangkan sepanjang tahun Macan Air mendatang, laba emiten juga masih akan kokoh yakni diyakini tumbuh 12 persen.

Bandingkan dengan realisasi periode 2020 lalu dimana terkontraksi 24 persen akibat dihantam pandemi Covid-19.

Atas kondisi ini, sejumlah manajer investasi mengerek estimasi IHSG hingga 7.600 pada tahun Macan Air itu. Bandingkan dengan capaian IHSG ditutup menguat ke level 6.602,56 pada penutupan perdagangan Selasa (7/12/2021). Sebagai gambaran, capaian IHSG sejauh ini sudah menguat 10,43 persen.

Salah satu pengelola dana jumbo yang memproyeksikan IHSG tumbuh tinggi itu adalah PT Manulife Aset Manajemen Indonesia. Entitas yang terafiliasi dengan perusahaan asuransi raksasa Manulife itu memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat menyentuh level 7.600 pada 2022.

Senior Portfolio Manager Equity Manulife Aset Manajemen Indonesia Samuel Kesuma menjelaskan penguatan IHSG masih akan berlanjut pada tahun depan terutama apabila penanganan pandemi terus berjalan dengan baik.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top