Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen tengah membuka situs jual beli online - Bisnis
Lihat Foto
Premium

Menilik Bisnis BukaPengadaan, Bakal Jadi Sasaran Realokasi Dana IPO Bukalapak (BUKA)?

Salah satu ekspansi yang dilakukan Bukalapak (BUKA) dalam pengembangan ekosistem digital adalah melalui BukaPengadaan. 
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
07 Desember 2021 | 20:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten teknologi PT Bukalapak.com Tbk. berencana mengubah penggunaan dana yang diperoleh dari aksi penawaran umum saham perdana (IPO). Langkah itu akan dimulai pada 23 Desember mendatang. 

Melalui keterbukaan informasi, emiten berkode saham BUKA itu akan melakukan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk beberapa mata rapat. Di antaranya adalah persetujuan atas pengunduran diri Lau Eng Boon sebagai Komisaris. 

Selain itu, perubahan penggunaan dana hasil penawaran umum perdana saham atau IPO. Emiten berkode saham BUKA itu, akan mengubah mayoritas peruntukkan dana hasil IPO untuk modal kerja yang sebelumnya 66 persen.

Jumlah itu setara dengan Rp14,45 triliun dari total hasil perolehan dana yang mencapai Rp21,9 triliun. Emiten teknologi itu akan meminta persetujuan pemegang saham untuk memperkecil alokasi modal kerja menjadi 33 persen.

Dengan demikian, dana hasil penawaran umum yang akan digunakan untuk modal kerja adalah Rp7,22 triliun. Adapun, sekitar 34 persen akan tetap digunakan untuk modal kerja entitas anak. Sekitar 15 persen akan dialokasikan kepada PT Buka Mitra Indonesia. Begitu juga PT Buka Usaha Indonesia mendapatkan alokasi sekitar 15 persen. 

Sisanya akan digunakan oleh perseroan dan atau entitas anak untuk pertumbuhan atau pengembangan usaha melalui bermacam hal. Seperti pembelian saham dan/atau aset, dan/atau penyertaan saham pada satu atau lebih perusahaan termasuk dalam rangka perjanjian patungan (joint venture), dan metode transaksi lain yang sesuai.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top