Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi / Pemilik dana global atau 'bandar' terlibat IPO di Tanah Air.
Lihat Foto
Premium

Akrobat 'Bandar' Global di Saham IPO Debutan

Para raksasa investasi dunia alias 'bandar' dengan gamblang mengumumkan terlibat dalam aksi initial public offering jumbo di Tanah Air sepanjang semester II/2021 ini.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com
07 Desember 2021 | 08:12 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sovereign wealth fund (SWF) dan sejumlah pengelola dana jumbo dunia seperti Asian Development Bank (ADB) semakin ekspansif di Tanah Air di emiten debutan dengan masuk sebagai pemegang saham saat initial public offering (IPO). 

Terbaru dalam gelaran IPO PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY) yang seremoninya dilakukan kemarin (6/12/2021), Asian Development Bank (ADB) mengkonfirmasi menjadi salah satu pemborong. 

Bank multilateral yang didirikan untuk mengatasi kemiskinan di Asia hingga kawasan Pasifik itu memborong 19,4 juta saham emiten dengan produk andalan yogurt itu. Dengan kepemilikan ini, ADB membayar hingga US$4,2 juta atau setara dengan Rp59,9 miliar untuk saham CMRY.

Carine Sophie Donges, Spesialis Investasi di Operasi Sektor Swasta ADB menyebutkan dukungan dalam IPO ini melanjutkan kerjasama ADB dengan CMRY untuk perusahaan meningkatkan kapasitas produksi susu, memperluas akses ke makanan bergizi, serta mendukung penghidupan pelaku usaha di sepanjang rantai nilai susu yang termasuk peternak kecil.

“Melalui investasi ini, ADB dan Cimory dapat bekerja sama untuk meningkatkan penghidupan peternak dan kesejahteraan pedesaan, mendorong inklusi gender, serta berkontribusi bagi ketahanan pangan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (6/12/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top