Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen melakukan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi uang elektronik BJB DigiCash di usaha kuliner dan kopi Warung Pinus, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (4/12/2020). - ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Lihat Foto
Premium

Bulan Madu Emiten Bank Digital, Akankah Berlanjut ke 2022?

Kinerja saham yang mentereng dan beragam aksi korporasi terkait bank digital mewarnai pasar modal tahun ini. Apakah tren ini akan berlanjut pada tahun depan?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
02 Desember 2021 | 19:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Bank digital menjadi fenomena menarik sepanjang tahun ini. Narasi terkait bank digital bahkan membuat harga saham-saham bank mini yang ‘go digital’ sempat melambung tinggi karena disambut oleh investor di pasar modal.

Bank mini dengan modal inti di bawah Rp3 triliun secara khusus menjadi perhatian banyak investor. Sebab, bank di kategori ini, acap kali menjadi sasaran untuk disuntik investasi atau bahkan diakuisisi oleh perusahaan lain guna menjajal memasuki bisnis bank digital. 

Kabar teranyar, Grup konglomerasi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) melalui anak usahanya, PT Elang Media Visitama (EMV) telah mengungkapkan rencananya menjadi pengendali saham PT Bank Fama International. 

Rencananya, EMV akan mengakuisisi 93 persen saham Bank Fama senilai Rp908,9 miliar dengan nominal Rp100 per saham. Akuisisi tersebut ditargetkan akan rampung pada 28 Desember 2021.

Sementara itu, dari kelompok perusahaan pelat merah, terdapat nama PT Bank Negara Indonesia Tbk. (Persero) yang berencana berencana mengambil alih bank yang masuk dalam klasifikasi bank umum kegiatan usaha (BUKU) 2 untuk dikembangkan ke bank digital.

Aksi korporasi yang akan dilakukan oleh bank dengan kode emiten BBNI itu diperkirakan terjadi pada 2022 adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top