Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen berjalan di depan gerai Hypermart yang dikelola oleh PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) di Karawaci, Banten, Indonesia, Jumat (23/1/2015). - Bloomberg/Dimas Ardian
Lihat Foto
Premium

Ambisi Matahari Putra (MPPA) Lewat Rights Issue, Saham Tembus Rp1.000?

Saham Matahari Putra Prima terus menanjak setelah mengumumkan aksi korporasi rights issue. Bagaimana prospek kinerja emiten afiliasi Grup Lippo tersebut?
Asteria Desi Kartika Sari, Herdanang A. Fauzan, & M. Nurhadi Pratomo
Asteria Desi Kartika Sari, Herdanang A. Fauzan, & M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
02 Desember 2021 | 18:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Pergerakan saham PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) menguat tiga sesi berturut-turut setelah mengumumkan detail rencana rights issue perseroan.

Lewat keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) awal pekan ini, Matahari Putra Prima mengumumkan akan melakukan penawaran umum terbatas (PUT) VI kepada pemegang saham perseroan dalam rangka penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue.

Emiten berkode saham MPPA itu menawarkan maksimal 1,17 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp50 dengan harga pelaksanaan Rp760. Setiap saham yang ditawarkan dengan harga pelaksanaan Rp760 setiap saham mewakili sebanyak-banyaknya 13,46 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUT VI.

Dengan demikian, MPPA mengincar dana sebanyak-banyaknya Rp890,11 miliar. Harga yang ditawarkan dalam rights issue berada di atas harga penutupan Rp482 pada Selasa (30/11/2021).

Manajemen Matahari Putra Prima menjelaskan bahwa setiap pemegang 45 saham biasa atas nama yang namanya tercantum dalam daftar pemegang saham (DPS) pada tanggal 8 Desember 2021 pukul 16.15 WIB mendapatkan tujuh HMETD.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top