Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah kapal tongkang pengangkut batubara melakukan bongkar muatan di perairan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (19/7/2021).  - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Lihat Foto
Premium

Langit Cerah Masih Meliputi CPO dan Batu Bara di 2021?

Setelah menikmati bulan madu pada tahun ini, akankah kinerja ekspor dan harga batu bara serta CPO masih akan melanjutkan tren positifnya pada 2022?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
01 Desember 2021 | 05:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Harga komoditas andalan ekspor Indonesia yakni batu bara dan minyak kelapa sawit mentah (CPO) diperkirakan masih akan menikmati bulan madu pada tahun depan.

Seperti diketahui, CPO dan batu bara masih menjadi salah satu kontributor terbesar ekspor Indonesia.  Hal itu setidaknya tercermin dari kinerja perdagangan Indonesia pada Oktober lalu.

Kinerja ekspor Indonesia melanjutkan tren kenaikan bulanan tertinggi sepanjang sejarah pada Oktober 2021. Peningkatan ekspor tersebut didorong oleh peningkatan harga komoditas seperti minyak kelapa sawit hingga batu bara. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat total ekspor Oktober 2021 yang mencapai US$22,03 miliar, bahkan menjadi ekspor bulanan tertinggi sepanjang sejarah. 

Ekspor yang naik 6,89 persen (mtm) dan 53,35 persen (yoy) disumbang oleh signifikannya kenaikan ekspor batu bara dan minyak sawit dibandingkan dengan September 2021. 

Nilai ekspor batu bara bertambah US$823,3 juta. Sementara itu CPO yang tergabung dalam kelompok produk minyak nabati naik US$538,9 juta. BPS melaporkan kenaikan ekspor ini turut dipengaruhi harga komoditas yang naik, di antaranya batu bara yang naik 27,58 persen (mtm).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top