Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
 Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas
Lihat Foto
Premium

Membungkus Gulungan Cuan dari Harga Saham INKP-TKIM Cs., Sudah Punya?

Emiten sektor kertas dan pulp membukukan kinerja yang solid secara keuangan dengan penguatan hingga dobel digit. Akan tetapi sejumlah saham di sektor ini menunjukkan tren menyamping. Sudah waktunya serok?
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com
25 November 2021 | 05:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Harga saham emiten di sektor pulp dan kertas sepanjang tahun berjalan bergerak beragam. Sejumlah emiten harga sahamnya cuan hingga ratusan persen, namun saat yang sama emiten lainnya sepanjang tahun berjalan (ytd) jatuh ke zona merah hingga puluhan persen. 

Dirangkum Bisnis dari Bloomberg, emiten kertas dan pulp yang paling kuat memberikan capital gain sepanjang tahun berjalan (ytd) bagi investornya adalah PT Suparma Tbk. (SPMA). Saham perusahaan secara harian pada penutupan perdagangan kemarin, Rabu (24/11/2021) menguat 10.38 persen. Sedangkan secara ytd melonjak 149,1 persen. 

Menyusul setelah SPMA adalah SPMA. Saham perusahaan tercatat menguat 39,47 persen. Sedangkan emiten terakhir dalam sektor ini yang harga sahamnya menguat adalah FASW dengan lonjakan 1,67 persen. 

Saat yang bersamaan, para pemain besar dalam bisnis ini yakni INKP dan TKIM justru mengalami nasib berbeda. Sepanjang tahun berjalan, dua perusahaan kertas yang terafiliasi dengan kelompok usaha Sinar Mas ini justru harga sahamnya melorot belasan persen. Harga saham TKIM bertengger pada level Rp8.175 atau melemah 1,21 persen secara harian dan anjlok -17,01 persen ytd. Selanjutnya INKP melemah -19,18 persen. Demikian juga  PT Toba Pulp Lestari Tbk (INRU) yang anjlok -25,51 persen.

Saat harga saham emiten kertas pemimpin pasar berada di zona merah, perusahaan justru dalam performa yang baik karena mampu mencetak kinerja keuangan yang menghijau dalam 9 bulan 2021. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top