Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Alat stacker-reclaimer batu bara PT Bukit Asam Tbk. (PTBA). Alat ini digunakan untuk mengambil batu bara dari tumpukan menuju conveyor untuk kemudian dikirim ke train loading station. - Bisnis / Aprianto Cahyo Nugroho
Lihat Foto
Premium

Galau Jokowi Soal EBT, Tugas Baru Menko Luhut & Arah Saham Batu Bara

Pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai mahalnya transisi energi dari batu bara dinilai investor saham sebagai masih terbukanya peluang atas industri ini.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
23 November 2021 | 13:47 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya mengakhiri ketergantungan akan bisnis batu bara terus menggelayut di benak Presiden Joko Widodo dalam setahun terakhir. Upaya transisi ke energi hijau yang murah dan terjangkau terus berputar-putar di benak presiden.

“Tahun lalu sebetulnya sudah masuk ke tema ini [transisi energi], tetapi juga belum ketemu jurusnya seperti apa, skemanya seperti apa. Tahun ini lagi, dibicarakan lagi, dan skemanya belum ketemu,” kata Presiden saat memberikan sambutan dalam acara Indo EBTKE ConEx Senin (22/11/2021) kemarin. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta yang akrab disapa Jokowi itu menjelaskan betapa dirinya sadar akan hal tersebut. Termasuk saat konferensi G20 dan COP26 di Glasgow belum lama ini.

Jokowi mengatakan, pemerintah masih mengkaji skema dan hitung-hitungan dalam melakukan transisi energi menuju nol emisi karbon di Indonesia. Itu dilakukan karena transisi energi berpotensi membuat harga pelayanan ke masyarakat naik. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top