Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Alat stacker-reclaimer batu bara PT Bukit Asam Tbk. (PTBA). Alat ini digunakan untuk mengambil batu bara dari tumpukan menuju conveyor untuk kemudian dikirim ke train loading station. - Bisnis / Aprianto Cahyo Nugroho
Lihat Foto
Premium

Langkah Transformasi Bukit Asam (PTBA) Menuju Perusahaan Energi

Selain menggenjot produksi pada tahun 2022 mendatang, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) juga mempersiapkan transformasi bisnisnya hingga tahun 2050.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com
22 November 2021 | 12:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten batu bara PT Bukit Asam Tbk. tengah mengupayakan transformasi bisnis menjadi perusahaan energi. Di sisi lain, perseroan masih terus menggenjot bisnis utamanya sebagai produsen emas hitam ini.

Presiden Direktur PT Bukit Asam Tbk. Suryo Eko Hadianto mengatakan perusahaan akan betransformasi menjadi perusahaan energi dan kimia berbasis batu bara pada tahun 2050. Selain itu, PTBA juga menargetkan mencapai net zero emission di seluruh aktivitas bisnisnya pada tahun tersebut.

“Golnya 2050 PTBA sebagai perusahaan energi dan kimia berbasis batu bara. Pohon industri dari batu bara itu kan ada polypropilene, kosmetik, dan macam-macam produk turunan senyawa karbon,” ungkap Suryo, dikutip Minggu (21/11/2021).

Sebagai tahap pertama dalam langkah transformasi ini, Suryo mengatakan perseroan akan mulai memperbesar porsi pendapatan dari sektor di luar bisnis batu bara. Targetnya, 50 persen pendapatan Bukit Asam akan diperoleh dari bisnis nonbatu bara pata tahun 2026 mendatang.

Suryo melanjutkan, pendapatan tersebut bisa diperoleh dari bisnis gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Gasifikasi saat ini sudah hampir final dengan Air Products dan Pertamina, serta mendapag dukungan penuh dari pemerintah. Kita harap 2024 atau 2025 DME sudah bisa jalan,” ungkap Suryo, dikutip Jumat (19/11/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top