Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung berjalan di depan gerai yang ada di pusat perbelanjaan Sumarecon Mal Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (22/6/2021). Pemerintah lewat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan penguatan PPKM Mikro salah satunya kembali memberlakukan pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan yang hanya boleh beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. - ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Lihat Foto
Premium

Pakaian Impor Kena Bea Masuk Tambahan, MAPI Masih Menarik?

Penerapan bea masuk untuk produk pakaian pakaian dan aksekoris pakaian dinilai akan berdampak terhadap emiten peritel seperti MAPI.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
19 November 2021 | 14:12 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kebijakan pemerintah untuk mengenakan bea masuk tambahan untuk pakaian impor dinilai akan berdampak terhadap bisnis ritel di dalam negeri.

Baru-baru ini, pemerintah menerbitkan regulasi baru terkait pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan atau BMTP produk pakaian dan aksesoris pakaian. Tujuan aturan tersebut untuk menghadang lonjakan impor pakaian yang mengancam industri dalam negeri.

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 142/PMK.010/2021 tentang Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan terhadap Impor Produk Pakaian dan Aksesori Pakaian. Beleid tersebut berlaku efektif mulai 12 Novemebr 2021 selama tiga tahun.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan menjelaskan bahwa BMTP merupakan pungutan negara terhadap barang impor, dalam hal terjadi lonjakan impor baik secara absolut maupun relatif, terhadap barang produksi dalam negeri yang sejenis atau barang yang secara langsung bersaing lalu menyebabkan atau mengancam terjadinya kerugian serius terhadap industri dalam negeri.

Pengenaan BMTP tersebut merupakan tambahan bea masuk umum atau tambahan bea masuk preferensi berdasarkan perjanjian perdagangan barang internasional yang berlaku. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top