Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Direktur Utama PT Pan Brothers Tbk Ludijanto Setijo (dari kiri) berbincang dengan Wakil Direktur Utama Anne Patricia Sutanto,  Direktur Fitri Ratnasari Hartono, Komisaris Utama Supandi Widi Siswanto dan Direktur Jean Pierre Seveke usai RUPST di Jakarta, Rabu (26/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Lihat Foto
Premium

Siasat Pan Brothers (PBRX) Usai Lolos Tuntutan Pailit

Emiten tekstil PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) telah menyiapkan strategi bisnis selanjutnya setelah lolos dari permohonan pernyataan pailit yang diajukan oleh PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII)
Yustinus Andri, Nyoman Ary Wahyudi & Pandu Gumilar
Yustinus Andri, Nyoman Ary Wahyudi & Pandu Gumilar - Bisnis.com
15 November 2021 | 16:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa produsen tekstil Tanah Air yakni PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) akhirnya bisa bernapas lega setelah permohonan pernyataan pailit yang diajukan oleh PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) ditolak oleh Pengadilan Niaga pada Pengadilan Jakarta Pusat (PN Jakarta Pusat).

Adapun, seperti dikutip dari siaran persnya, Senin (15/11/2021), putusan tersebut diperoleh dalam sidang di PN Jakarta Pusat pada 11 November 2021 lalu. Dalam hal ini majelis hukum menolak permohonan pailit Maybank kepada emiten berkode saham PBRX.

Terdapat tiga pertimbangan hukum majelis hakim atas amar putusan tersebut. Pertama, majelis hakim menilai bahwa masih adanya hubungan hukum antara perseroan dan para kreditornya yang sedang dalam upaya penyelesaian dan tengah berjalan di Pengadilan Negara Singapura.

Kedua, majelis hakim berpendapat, jika permohonan pailit dipertahankan, maka akan menjadi tali simpul permasalahan yang tak lagi sederhana.

Ketiga, majelis hakim menilai pemenuhan unsur syarat formil atas upaya hukum kepailitan tidak dapat dibuktikan secara sederhana sesuai ketentuan Pasal 8 ayat (4) dalam Undang- Undang Kepailitan, sehingga patut untuk ditolak.

Sekadar catatan, pengajuan kepailitan ini telah diajukan oleh Maybank ke pengadilan niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak awal Agustus 2021.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top