Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Satgas Covid-19 membawa imbauan memakai maske pada hari pembukaan GIIAS 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021). - Bisnis - Muhammad Khadafi
Lihat Foto
Premium

Melesatnya Kinerja Otomotif Pacu Performa Emiten Komponen

Meski prospek diperkirakan cerah ke depan, tantangan misalnya kenaikan harga bahan baku dan ketersediaan masih mengadang kinerja emiten komponen otomotif.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com
14 November 2021 | 16:18 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah emiten produsen komponen terimbas positif dari kinerja cemerlang sektor otomotif. Kinerja hingga akhir tahun pun diperkirakan semakin mentereng.

Emiten produsen filter, PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) menargetkan pertumbuhan penjualan hingga 20 persen dan laba bersih 15 persen pada tahun penuh 2021. Strategi utamanya melalui peningkatan penjualan via e-commerce dan peningkatan pasar ekspor.

Direktur Keuangan Selamat Sempurna Ang Andri Pribadi menerangkan perseroan menargetkan peningkatan laba bersih dan penjualan hingga dua digit tahun ini seiring pemulihan permintaan dari dalam negeri dan pasar ekspor.

"Pasar suku cadang dalam negeri jauh lebih baik, penjualan di local market melalui anak usaha kami meningkat signifikan sekitar 20 persen. Kami lihat prospek masih sangat baik didukung subsidi penjualan mobil-mobil kelas tertentu," jelasnya beberapa waktu lalu.

SMSM menargetkan pendapatan tumbuh 20 persen menjadi Rp3,87 triliun dari realisasi pada 2020 yang sebesar Rp3,23 triliun. Adapun, laba bersih ditargetkan naik 15 persen Rp561,2 miliar dari realisasi laba bersih sebesar Rp488 miliar tahun lalu.

Tantangan khusus terangnya, terjadi pada kenaikan harga bahan baku dan ketersediaan, serta kesulitan logistik terkait dengan keterbatasan kontainer untuk transportasi kargo. Di sisi lain, perseroan juga tetap melanjutkan strategi pengembangan pasar ekspornya dengan fokus pada pasar 100 negara tujuannya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top