Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. - Bisnis/Arief Hermawan P
Lihat Foto
Premium

Prospek Saham XL Axiata (EXCL) & Konsensus Bloomberg di Tengah Konsolidasi Operator Seluler

XL Axiata (EXCL) mencatatkan kenaikan pelanggan namun mengalami penurunan laba. Bagaimana prospeknya?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
11 November 2021 | 13:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten seluler terus mencapai titik konsolidasi baru agar bisnis semakin efisien dan membukukan laba maksimal. Dalam konsolidasi yang terbaru Kementerian Komunikasi dan Informatika menyetujui merger dua operator telekomunikasi yakni PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia. Namun, frekuensi kedua operator telekomunikasi tersebut harus dipangkas dan dikembalikan ke pemerintah.

Saat yang berdekatan, PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN), operator telekomunikasi yang dikendalikan kelompok Sinar Mas meski belum melakukan konsolidasi dengan sesama operator telekomunikasi, namun perusahaan telah mempeluas cakupan bisnis dengan memperkuat bisnis data melalui akuisisi saham Motatelindo pada penghujung semester I/2021 lalu. Konsolidasi yang hampir serupa dilakukan Telkom Indonesia (persero) Tbk. (TLKM) untuk Telkomsel dan Mitratel.

Lalu, bagaimana dengan operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL)? Entitas ini terpantau terus berjibaku dalam persaingan perebutan pangsa pasar internet di Indonesia. Kendati masih terpaut jauh dari penguasa pangsa pasar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM), dalam beberapa bulan terakhir performa XL tak bisa dipandang remeh.

Terhitung hingga pengujung kuartal III/2021, EXCL mengklaim telah berhasil merangkul 57,98 juta pelanggan. Jumlah ini meningkat sekitar 1,2 juta pelanggan dibandingkan angka pelanggan per akhir Juni lalu.

“Dari sisi produk, pada periode ini kami juga telah meluncurkan produk konvergensi pertama di Indonesia, bernama XL Satu Fiber yang menawarkan banyak manfaat bagi pelanggan,” ujar CEO EXCL Dian Siswarini dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top