Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah kapal tongkang pengangkut batubara melakukan bongkar muatan di perairan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (19/7/2021). Kementerian ESDM menetapkan Harga Batubara Acuan (HBA) Juli 2021 menjadi US115,35 per ton atau mengalami kenaikan US15,02 per ton dari US100,33 per ton pada bulan Juni 2021. - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Lihat Foto
Premium

Semarak Akuisisi Emiten Tambang Grup Sinarmas hingga Northstar

Emiten pertambangan afiliasi grup konglomerasi Indonesia seperti DSSA dan DOID percaya diri untuk menjalankan ekspansi anorganik.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com
09 November 2021 | 06:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pertambangan milik Grup Sinarmas hingga Northstar nampak percaya diri melakukan aksi korporasi di tengah tren kenaikan harga batu bara sepanjang 2021.

Manuver paling anyar muncul dari emiten pertambangan afiliasi Grup Sinarmas, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA), melalui anak usahanya menyampaikan rencana akuisisi Dampier Coal dengan nilai pembayaran pertama sebesar US$1,1 miliar.

Aksi korporasi itu dilakukan DSSA melalui anak usahanya, Stanmore Resources Limited yang telah menandatangani perjanjian jual beli dengan BHP Minerals Pty Ltd (BHP) pada 8 November 2021. Perjanjian itu terkait dengan rencana perolehan 80 persen kepentingan ekonomi yang dimiliki BHP pada BHP Mitsui Coal Pty Ltd (BMC) melalui akusisi seluruh saham Dampier Coal (Qld) Pty Ltd (Dampier Coal).

Adapun, rencana transaksi pembelian saham tersebut dilakukan oleh anak usaha Stanmore yaitu Stanmore SMC Holdings Pty Ltd (SMC).

Sebagai informasi, BMC memiliki tambang aset batu bara metalurgi yang terletak di Queensland, Australia. Aset itu terdiri atas South Walker Creek dan tambang Poitrel dengan total produksi batu bara metalurgi sekitar 10 juta ton per tahun dan total cadangan sebanyak 171 juta ton, serta proyek batu bara Wards Well yang belum dikembangkan.

“Pembayaran atas rencana transaksi akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan kombinasi pendanaan internal dan eksternal,” tulis Sekretaris Perusahaan Dian Swastatika Sentosa Susan Chandra dalam keterbukaan informasi, Senin (8/11/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top