Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis : Sinarmas Rogoh Ratusan Miliar Pinang FREN dari Hary Tanoe

Grup Sinarmas meminang saham Mobile-8 Telecom (FREN) yang dimiliki oleh konglomerasi Hary Tanoesoedibjo melalui Global Mediacom (BMTR).
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
28 Oktober 2021 | 16:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Grup Sinarmas merogoh kocek ratusan miliar untuk meminang 19 persen saham PT Mobile-8 Telecom Tbk. (FREN) yang dikuasai oleh PT Global Mediacom Tbk. (BMTR).

Mobile-8 merupakan perusahaan telekomunikasi yang dibidani oleh Hary Tanoesoedibjo melalui Global Mediacom pada 2002. Kala itu, Global Mediacom masih menggunakan nama PT Bimantara Citra Tbk. (BMTR).

Setelah 7 tahun berlalu, kelompok usaha yang kini berada di bawah bendera MNC Group melepas kepemilikannya di Mobile-8 kepada Grup Sinarmas.

Kabar mengenai pembelian Grup Sinarmas terhadap saham Mobile-8 yang dimiliki oleh Global Mediacom terekam dalam pemberitaan Koran Bisnis Indonesia edisi 28 Oktober 2009 di artikel berjudul ‘Smart Telecom caplok Mobile-8’.

Smart Telecom—yang merupakan sayap usaha Grup Sinarmas—diberitakan membeli sekitar 19 persen saham Mobile-8 Telecom yang dimiliki oleh Global Mediacom. Transaksi tersebut dijadwalkan dilaksanakan pada Desember 2009.

Dengan mengacu harga saham per 26 Oktober 2009 yang mencapai Rp65 per saham dan total saham yang dibeli mewakili 20,23 miliar saham, Global Mediacom diperkirakan meraup dana sedikitnya Rp249,91 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top