Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu (1/9/2021). - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti.
Lihat Foto
Premium

Agenda Bisnis BSI (BRIS) & Bisikan SuperApp Bank Digital

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) merupakan anak usaha BUMN yang sekaligus menjadi perusahaan pembiayaan terbesar dalam segmen yang berfokus pada industri halal.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
28 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) sukses membuktikan buah manis merger anak BUMN perbankan dengan bisnis syariah. Namun, capaian tersebut masih menyimpan agenda besar yang akan diwujudkan. 

Direktur Utama BRIS Hery Gunadi menyebutkan manajemen masih menyimpan banyak ambisi setelah mega merger mulus terlewati. Mulai dari target pertumbuhan kredit 9-10 persen pada tahun depan, penurunan rasio pembiayaan macet alias non performing finance (NPF) ke angka 2,9 persen pada akhir tahun ini, hingga realokasi kredit ke sektor-sektor yang lebih berkesinambungan.

Transformasi pembiayaan itu utamanya ke sektor seperti bidang konsumer serta ritel dan UMKM. Kemudian pada sisi kredit korporasi, perseroan akan lebih banyak membidik lini-lini dengan prospek jangka panjang seperti perkebunan, telekomunikasi, rumah sakit dan farmasi, hingga bisnis-bisnis digital.

“Pada dasarnya pembiayaan itu tidak hanya untuk 1-2 tahun, seperti di konsumer itu bisa sampai 9-10 tahun. Kami [akan] lebih banyak fokus ke segmen-segmen konsumer, ritel dan mikro. Kami yakini segmen ini diisi fixed income earner [nasabah berpenghasilan tetap], sehingga kelanjutannya bisa terjaga dengan baik,” kata Hery dalam paparan kinerja keuangan Kamis (28/10/2021).

Capaian kredit berkelanjutan BSI sebenarnya bisa dibilang melebihi rata-rata industri. Untuk segmen UMKM saja misalnya, per 30 September 2021 rasio dari keseluruhan penyaluran kredit telah mencapai 22,93 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top