Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Seorang warga mengikuti tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) secara Drive Thru di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (26/10/2021). /Antara Foto-Muhammad Iqbal - wsj.\\r\\n
Lihat Foto
Premium

Biaya Tes PCR Turun, Daftar Saham Kesehatan yang Was-was Hadapi Perubahan Kebijakan

Jasa laboratorium tes Covid-19 terus ditekan pemerintah. Setelah harga tes awalnya berlaku sekitar Rp900.000-an, kini anjlok dengan keputusan pemerintah menjadi maksimal Rp300.000. Bagaimana prospek emiten yang sudah terlanjut investasi besar-besaran?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
28 Oktober 2021 | 15:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Titah Presiden Joko Widodo agar harga tes PCR turun membawa perubahan konstelasi bisnis laboratorium. Investasi yang dilakukan secara besar-besaran dalam 1,5 tahun terakhir harus berjibaku dengan harga baru yang dipatok pemerintah. 

Penurunan harga tes PCR ini merupakan respon pemerintah atas kritik masyarakat dengan penurunan batas harga tes deteksi Covid-19 tersebut. Dari awalnya Rp475.000, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menurunkan batasan tarif menjadi Rp275.000 untuk Pulau Jawa dan Rp300.000 di luar Jawa.

“Hasil PCR dengan tarif tersebut wajib dikeluarkan dengan durasi maksimal 1x24 jam dari pemeriksaan swab RT-PCR,” tutur Direktur Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir, Rabu (27/10/2021).

Ini bukan kali pertama harga tes PCR turun akibat kebijakan politik. Sebelumnya, pada medio Agustus lalu pemerintah juga sempat menyesuaikan batas atas tarif tes PCR dari patokan awal Rp900.000.

Investor pun merespons cemas kebijakan kali ini. Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan hari ini indeks sektoral kesehatan di bursa efek Indonesia, yakni IDXHEALTH tampak mengalami pelemahan 1,22 persen ke level 1.388,37. Padahal, sebelumnya indeks ini sempat mengalami reli penguatan tiga hari berturut-turut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top