Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tengara Jagorawi di salah satu titik ruas jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. - Jasa Marga
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis: Dana Rp21 Triliun Berebut Injeksi Jasa Marga (JSMR)

Initial public offering badan usaha milik negara (IPO BUMN) yang memiliki kondisi keuangan sehat menarik investor untuk menempatkan dananya. Pada kasus PT Jasa Marga, permintaan saham emiten jalan tol ini bahkan kelebihan permintaan hingga Rp21 triliun.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com
27 Oktober 2021 | 14:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Valuasi mahal yang disematkan oleh sejumlah pengamat akan saham PT Jasa Marga dalam IPO-nya tidak membuat investor publik kehilangan minat atas PT Jasa Marga. Bahkan aksi korporasi itu kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga enam kali dengan permintaan menembus Rp21 triliun.

Permintaan tinggi IPO Jasa Marga itu terekam dalam laporan Bisnis Indonesia edisi 27 Oktober 2007. Edisi 14 tahun lalu itu menurunkan laporan dengan tajuk 'Pemodal lokal borong saham Jasa Marga'.

Disebutkan saat itu, meski saham Jasa Marga yang ditawarkan relatif mahal penawaran umum perdana (IPO) BUMN jalan tol tetap kelebihan permintaan enam kali.

Dengan besarnya permintaan saat book building, Menteri Negara BUMN Sofyan A. Djalil memutuskan harga perdana Jasa Marga di level Rp1.700 per saham. Nilai IPO ini mendekati batas atas rentang harga penawaran Rp1.800.

Mengacu pada harga IPO itu, JSMR meraup dana segar senilai Rp3,46 triliun dari penjualan 2,04 miliar saham baru ke publik. Pencatatan perdana kemudian dilakukan pada 12 November 2007.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top