Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Poster promo platform pembayaran digital OVO terpampang di salah satu gerai fesyen pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019). - Bisnis/Rachman
Lihat Foto
Premium

Pertolongan Bos Emtek Kepada Grab untuk Mengendalikan Ovo

Kolaborasi antara Grab Inc. dan Emtek kembali terjadi ketika perusahaan ride hailing asal Singapura itu baru saja menambah kepemilikan sahamnya di Ovo.
Yustinus Andri & Herdanang A. Fauzan
Yustinus Andri & Herdanang A. Fauzan - Bisnis.com
14 Oktober 2021 | 09:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kolaborasi antara Grab Inc dengan Grup Emtek makin kuat. Setelah PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menginjeksi dana ke Grab pada Juli lalu, kini konglomerasi yang digawangi oleh Keluarga Sariaatmadja itu membantu startup asal Singapura tersebut untuk mengendalikan Ovo.

Adapun, belum lama ini, Grab Holding Inc. dikabarkan telah menambah kepemilikan sahamnya di penyedia dompet digital Ovo menjadi sekitar 90 persen. Langkah itu dilakukan dengan mengakuisisi saham Ovo dari PT Tokopedia dan Lippo Group.

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Senin (4/10/2021), kenaikan porsi kepemilikan saham Grab di PT Bumi Cakrawala Perkasa yang merupakan induk Ovo mencapai 39 persen. Aksi korporasi yang dilakukan oleh Grab tersebut diperkirakan merupakan bagian strategi perusahaan yang ingin memperbesar peluangnya untuk memperkuat layanan keuangannya.

“Kami menyambut baik komitmen yang lebih besar dari Grab di Ovo. Kami bekerja dengan terus berkonsultasi dengan regulator untuk menyelesaikan proses restrukturisasi kepemilikan, dan yakin ini akan memungkinkan kami untuk melayani kebutuhan layanan keuangan masyarakat Indonesia dengan lebih baik,” tulis Ovo dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Bloomberg.

Namun aksi Grab menambah porsi sahamnya di Ovo itu memunculkan polemik tersendiri bagi mereka. Sebab Peraturan Bank Indonesia mengatur bahwa minimal 15 persen saham penyelenggara pembayaran elektronik harus dimiliki oleh warga negara dan/atau badan hukum Indonesia.

Beruntung, bantuan pun datang dari keluarga Emtek. Seperti dikutip dari Nikkei Asia, Kamis (14/10/2021), melalui perusahaan yang dimiliki oleh Alvin Sariaatmaja, yakni Abhimata Anugrah Abadi, Grab melepas 12,4 persen sahamnya di Ovo. Sekadar catatan, Alvin Sariatmaja adalah Presiden Direktur di EMTK.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top