Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. - Bisnis/Arief Hermawan P
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis: Perintah BEI ke EXCL Terkait Saham Publik

Setelah pelepasan saham ke publik, diam-diam pemegang saham pengendali EXCL menyerap saham perusahaan dari lantai bursa.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com
13 Oktober 2021 | 23:43 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi pelepasan saham ke publik atau initial public offering (IPO) belum tentu membuat saham yang diterbitkan mudah didapatkan. 

Bisnis Indonesia edisi 13 Oktober 2005 merekam aksi korporasi pelepasan saham ke publik yang langsung kembali diserap oleh perusahaan pengendali. Fenomena ini terjadi dalam IPO PT Excelcomindo Pratama Tbk (EXCL). 

Dalam edisi 16 tahun yang lalu itu, BEJ meminta PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) untuk menambah kepemilikan saham publik, setelah sebagian besar saham yang beredar di publik beralih ke pemegang saham pengendali pasca pencatatan perdana saham (IPO) dua pekan sebelumnya atau pada 29 September 2005.

“Kami tadi [kemarin] sudah ketemu dengan pihak Excelcomindo dan meminta mereka untuk menambah kepemilikan saham publiknya,” kata Dirut BEJ saat itu Erry Firmansyah.

Akibat minimnya saham Excelcomindo yang beredar di publik, BEJ mengeluarkan saham EXCL dari perhitungan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top