Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Menanti Tuah Ambisi Grup MNC dari Lini Bisnis Game
Lihat Foto
Premium

Menanti Tuah Ambisi Grup MNC dari Lini Bisnis Game

Grup MNC tampak sangat agresif menyasar dan ekspansi ke segmen game. Langkah ini merupakan salah satu upaya perseroan untuk memperkuat penetrasinya ke bisnis sektor digital.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
01 Oktober 2021 | 18:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Konglomerasi milik Hary Tanoesoedibjo bisa dibilang makin agresif ekspansi di bisnis digital. Teranyar, Grup MNC melalui PT MNC Studios International Tbk. (MSIN) akan memperkuat pundi-pundi keuntungan yang lebih besar pada bisnis gaming dan e-sport.

Perseroan siap untuk merambah pasar game Indonesia yang berkembang pesat dan memperluas lini operasi bisnis game dengan mendirikan unit bisnis PT Esports Star Indonesia (ESI). ESI akan merilis game pertamanya yang berjudul Rapid Fire pada kuartal IV/2021.

ESI didirikan untuk memberikan solusi end-to-end di seluruh spektrum aktivitas yang terkait dengan game, mulai dari pengembangan game, penerbitan game, manajemen acara yang terdiri atas program pencarian bakat dan kompetisi e-sport profesional, hingga manajemen tim e-sport.

Sebelumnya, MSIN telah menyampaikan mencapai kesepakatan dengan PT Garena Indonesia, bagian dari Garena yang merupakan pengembang dan penerbit game online asal Singapura, anak usaha Sea Ltd. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka memproduksi kompetisi e-sport bertajuk Free Fire Master League Div 1 (FFML) Season IV dan Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021.

"Kami telah fokus dalam membangun operasi kami pada 2021 dan dengan fondasi bisnis yang kuat dan pemanfaatan yang tepat dari ekosistem media grup, ESI diposisikan secara strategis untuk menjadi unit game terbesar dan paling terintegrasi di Indonesia," papar Direktur MSIN dan CEO ESI Valencia Tanoesoedibjo belum lama ini.

Bisnis game, yang masuk dalam lini bisnis digital MSIN, tampaknya memang disiapkan untuk menjadi penyumbang pendapatan MSIN ke depannya. Hingga semester I/2021, pendapatan MSIN dari bisnis digital melonjak 154 persen secara yoy menjadi Rp188,6 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang baru mencapai Rp74,4 miliar. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top