Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/9/2020). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Lihat Foto
Premium

Delisting Makin Marak, Bagaimana Nasib Para Pemegang Sahamnya?

Saat ini, setidaknya ada delapan perusahaan yang terancam delisting. Jika suatu perusahaan terbuka mengalami delisting, apa yang bisa dilakukan para investor sahamnya?
Pandu Gumilar, Ika Fatma R. & Annisa Saumi
Pandu Gumilar, Ika Fatma R. & Annisa Saumi - Bisnis.com
29 September 2021 | 08:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap kinerja emiten dinilai dapat meningkatkan risiko potensi delisting. Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan para investor saham jika emiten mengalami hal ini.

Ketika suatu perusahaan memutuskan untuk tidak lagi memperdagangkan sahamnya di bursa dan menghapus pencatatan sahamnya alias delisting, otomatis pemilik saham emiten terkait tak lagi bisa melakukan transaksi atas saham tersebut. Analis senior CSA Institute Reza Priyambada mengatakan ada beberapa opsi yang dapat dipilih investor.

Pertama, pemegang saham bisa terus menyimpan dananya di perusahaan tersebut. Jika opsi ini yang dipilih, maka investor tidak bisa memperdagangkan sahamnya di bursa.

Kedua, pemegang saham bisa menarik dana yang ada di perusahaan itu. Apabila opsi ini yang diambil, maka investor masih dimungkinkan untuk melepas sahamnya ke investor lain atau menunggu emiten terkait melakukan pembelian kembali sahamnya alias buyback.

"Balik lagi ke investornya, dia akan keep perusahaan itu dalam jangka waktu lama [atau tidak]. Karena mungkin sudah percaya dengan perusahaannya atau mereka bisa pilih ingin dananya balik," tuturnya kepada Bisnis, Selasa (28/9/2021).

Sementara itu, ketika perusahaan melakukan delisting secara sukarela, maka perusahaan tersebut wajib melakukan buyback dari para pemegang saham yang tidak menyetujui keputusan angkat kaki dari bursa dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), sebelum kemudian melakukan aksi go private.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top