Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Wajah Bung Karno dan Bung Hatta terpampang dalam uang kertas pecahan Rp100.000. - Bloomberg/Brent Lewin
Lihat Foto
Premium

Ambisi Bank Mini Chairul Tanjung (BBHI) Naik Kelas

Mega Corpora terus berbenah setelah menjadi pemegang saham mayoritas Bank Harda Internasional yang kini telah bersalin nama menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI)
Dionisio Damara, Khadijah Shahnaz, & Herdanang A. Fauzan
Dionisio Damara, Khadijah Shahnaz, & Herdanang A. Fauzan - Bisnis.com
23 September 2021 | 13:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Allo Bank Indo­­nesia Tbk., kelompok usaha bank di bawah bendera PT Mega Cor­pora berencana meningkatkan per­­mo­dalannya untuk bisa masuk ke kelom­pok bank dengan skala yang lebih besar.

Sejak mengakuisisi saham mayoritas PT Bank Harda Internasional Tbk. (BBHI) dan menyulap nama perusahaan tersebut menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk., Mega Corpora yang dipimpin Si Anak Singkong terus memperkuat diri.

Aturan terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklasifikasikan bank ke dalam empat Kelompok Bank Modal Inti (KBMI). Klasifikasi KBMI 1 untuk bank dengan degan modal inti kurang dari Rp6 triliun, lalu KBMI 2 bank dengan modal inti Rp6 triliun—Rp14 triliun, disusul KBMI 3 untuk bank dengan modal inti Rp14 triliun—Rp70 triliun, dan KBMI 4 modal inti bank di atas Rp40 triliun. Adapun, regulasi itu akan efektif berlaku pada 31 Oktober 2021.

Sejalan dengan rencana penguatan mo­­dal itu, Bank Allo (BBHI) berencana me­­minta restu dari pemegang saham untuk menerbitkan saham baru atau rights issue. Rencana itu bagian dalam agenda rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 15 Oktober 2021.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dikutip Rabu (22/9/2021), selain meminta perse­tujuan menggelar rights issue, rapat diagendakan menetapkan harga pelaksanaan aksi korporasi itu.

“Tujuan penambahan modal agar me­menuhi kriteria Kelompok Bank Ber­­da­sarkan Modal Inti (KBMI) 2 sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tulis Direksi BBHI.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top