Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen berjalan di depan gerai Hypermart yang dikelola oleh PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) di Karawaci, Banten, Indonesia, Jumat (23/1/2015). - Bloomberg/Dimas Ardian
Lihat Foto
Premium

Mengintip Strategi Matahari Putra Prima (MPPA) Balikkan Kinerja Rugi

PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) menyampaikan rencana menggelar rights issue. Apa lagi yang disiapkan peritel Grup Lippo itu setelah berkolaborasi dengan unikorn?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
21 September 2021 | 14:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kedatangan Grup Djarum lewat Blibli sebagai entitas pengendali baru menjadi modal penting bagi emiten pengelola Ranch Market, PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC). Dengan dukungan ekosistem digital yang solid, kans emiten ritel itu untuk terus melanjutkan pertumbuhan makin terbuka lebar.

Namun, bukan berarti peritel dengan produk andalan sayur dan buah-buahan segar itu bisa berpangku tangan.

Hypermart, kompetitor yang dikendalikan Grup Lippo lewat PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) agaknya belum berniat mengibarkan bendera putih. Belakangan, perusahaan yang juga tengah menjalin relasi dengan Grup GoTo itu terus mematangkan strategi balasan.

Lewat keterbukaan informasi awal bulan ini, perseroan mengumumkan rencana penggalangan modal tambahan melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue.  Perseroan berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,17 miliar lembar saham baru.

Sampai dengan artikel ini rilis belum ada informasi lanjutan seputar harga pelaksanaannya. Namun, jika mengacu harga penutupan saham MPPA per Senin (20/9/2021), dana tambahan yang bakal dihimpun perseroan berpotensi menyentuh Rp1,13 triliun.

“Penggunaan dana [salah satunya] untuk modal kerja, antara lain peningkatan kualitas persediaan kualitas melalui pembelian dagangan dari pemasok yang berdampak pada tingkat persediaan. Sedangkan [alokasi] untuk belanja modal antara lain untuk renovasi toko, pengembangan omni-channel dan ekspansi baru yang berdampak pada peningkatan aset tetap,” papar Sekretaris Perusahaan MPPA Danny Konjongian, awal bulan ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top