Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sebuah gerai Subway di New York, AS, Kamis (27/8/2015). - Bloomberg/Michael Nagle
Lihat Foto
Premium

Kembalinya Subway Sandwich dan Denyut Saham Grup MAP (MAPB, MAPI)

Setelah sempat angkat kaki dari Indonesia, Subway kembali lewat kerja sama dengan Group MAP. Bagaimana efeknya ke saham PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) dan PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB)?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
24 Agustus 2021 | 16:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Pada perdagangan sesi Selasa (24/8/2021), saham emiten ritel dan gaya hidup PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) berikut entitas anaknya di bidang kuliner, PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB), kompak menghijau.

Investor berdatangan mentransaksikan saham kedua emiten, seiring pengumuman kemitraan anak usaha MAPB, PT Sari Sandwich Indonesia dengan perusahaan Food and Beverage (F&B) asal AS, Subway. Kemitraan ini rencananya menghadirkan pembukaan gerai-gerai baru restoran cepat saji (fastfood) Subway Sandwich ke Indonesia.

“Permintaan kehadiran restoran Subway yang tinggi datang dari berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia,” kata CEO Subway John Chidsey, menjelaskan alasan kemitraan tersebut dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (23/8).

Subway memang pernah membuka jaringan bisnis Subway Sandwich di Indonesia. Tepatnya pada era 1990-an, sebelum akhirnya gulung tikar pada awal 2000-an.

Gerai Subway tempo dulu terletak di beberapa pusat perbelanjaan ibu kota seperti Pondok Indah Mal, Mal Taman Anggrek, Plaza Senayan, Mal Ciputra, hingga Wisma 46 Jakarta. Oleh karena itulah, rencananya gerai anyar Subway yang kembali diluncurkan pada akhir tahun ini juga akan terlebih dahulu berpusat di ibu kota dan kawasan penyangga (Jabodetabek).

Chidsey optimistis Grup MAP merupakan mitra yang cocok untuk mengulang romantisme kejayaan Subway. Dengan rekam jejak bisnis ritel yang menggurita, termasuk bisnis-bisnis restoran cepat saji lain seperti Starbucks dan Cold Stone di bawah naungan MAP Boga, dia yakin kali ini Subway tidak akan gulung tikar seperti dulu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top