Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Mitra layanan ojek daring Gojek menunjukkan logo merger perusahaan Gojek dan Tokopedia yang beredar di media sosial di shelter penumpang Stasiun Kereta Api Sudirman, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Sejumlah mitra pengemudi Gojek berharap mergernya dua perusahan startup Gojek dan Tokopedia memberikan dampak positif bagi kalangan mitra dengan meningkatnya bonus dan insentif karena penggabungan tersebut telah meningkatkan nilai atau valuasi perusahaan. - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Lihat Foto
Premium

Teka-teki IPO GoTo, Tahun Ini atau Tahun Depan?

Kabar mengenai IPO GoTo yang berpeluang dilakukan pada 2022 berhembus di kalangan pelaku pasar. Lalu seperti apa respons GoTo?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
20 Agustus 2021 | 15:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana aksi penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) entitas hasil merger Gojek dan Tokopedia alias GoTo dikabarkan bakal tertunda hingga 2022 lantaran tak kunjung munculnya aturan mengenai skema dual class share bagi IPO perusahaan teknologi.

Dikutip dari The Straits Time yang melansir Reuters, Jumat (20/8/2021) sumber anonim mengatakan IPO GoTo kemungkinan baru dapat dilakukan pada tahun depan mengingat belum adanya regulasi pasti mengenai skema dual class share (DCS).

Sekadar catatan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang menimbang dan mematangkan regulasi mengenai perusahaan yang ingin mengadopsi kebijakan dual class share ketika melaksanakan IPO.

Adapun, GoTo dibentuk melalui penggabungan perusahaan ride-hailing-to-delivery-to-payments Gojek dan startup e-commerce Tokopedia pada bulan Mei.

Setelah penggabungan tersebut, GoTo dikabarkan menargetkan untuk terdaftar di bursa saham Indonesia pada akhir tahun ini. Kemudian diikuti dengan pencatatan di Amerika Serikat (AS), dengan valuasi potensial sekitar US$40 miliar.

Namun, dengan penundaan usulan perubahan aturan listing di Indonesia, yang diperkirakan diumumkan akhir September 2021, membuat GoTo kemungkinan baru akan melantai atau IPO awal tahun depan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top