Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Mindaugas Trumpaitis (kedua kiri), mantan Direktur Keuangan Michael Sandritter (kiri), Direktur Keuangan William "Bill" Giff (kedua kanan) dan Direktur Urusan Eksternal Yos Adiguna Ginting berbincang seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (27/4/2017). - ANTARA FOTO/Adiguna
Lihat Foto
Premium

Menerawang Nasib HM Sampoerna (HMSP) Lewat Kinerja Philip Morris

Philip Morris International mencatatkan pertumbuhan kinerja signifikan pada semester I/2021. Bagaimana pengaruhnya terhadap anak usahanya di Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP)?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
22 Juli 2021 | 14:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Reputasi Philip Morris International (PMI) sebagai perusahaan rokok dengan aset dan valuasi terbesar di dunia mulai berkilau lagi. Dalam laporan keuangan yang baru dirilis, PMI melaporkan pencapaian laba bersih sebesar US$4,59 miliar sepanjang semester I/2021, atau setara Rp66,55 triliun.

Nominal tersebut tumbuh 21,7 persen dibanding realisasi pada periode yang sama tahun lalu, yang sebesar US$3,77 miliar. Angka ini juga sudah setara 56 persen dari realisasi laba US$8,05 miliar sepanjang 2020.

Sebenarnya, perusahaan memulai perjalanannya pada 2021, dengan tidak begitu menggembirakan. Pada 3 bulan pertama tahun ini, PMI hanya mampu mendistribusikan 145,51 miliar batang rokok ke seluruh penjuru dunia, merosot 7,3 persen dari rapor 157,01 miliar batang rokok secara year-on-year (yoy).

Namun, pelan tetapi pasti, start buruk tersebut mampu disikapi dengan sigap oleh perusahaan.

Sepanjang Maret-Juni 2021, PMI menambah volume pengiriman sebanyak 156,13 miliar batang atau meningkat 3,2 persen secara yoy. Agresivitas ini membuat total pengiriman perusahaan sepanjang semester I/2021, bisa menyentuh 301,65 miliar batang.

Jumlah 301,65 miliar batang tersebut, lagi-lagi, sebenarnya tergolong menurun. Meskipun, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, penurunannya berkurang jadi 2,2 persen saja.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top