Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengendara melintasi jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu), di kawasan Cipinang, Jakarta Timur./Antara- Risky Andrianto/nz - 17
Lihat Foto
Premium

Bahu-membahu Erick Thohir Kerek Waskita (WSKT) dari Jurang Utang

Selain restrukturisasi yang tengah dikebut oleh Manajemen Waskita Karya, Menteri BUMN Erick Thohir turun tangan untuk mendukung restrukturisasi emiten BUMN karya tersebut.
Dwi N. Tari, Herdanang A. Fauzan, & M. Nurhadi Pratomo
Dwi N. Tari, Herdanang A. Fauzan, & M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
13 Juli 2021 | 14:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah kembali turun tangan untuk menyelematkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dari lilitan utang dengan menyiapkan tambahan suntikan modal kepada perseroan.

Tekanan akibat penyebaran pandemi Covid-19 serta tumpukan utang membuat Waskita Karya harus bekerja keras untuk memulihkan kinerja serta kondisi keuangan perseroan. Selain perbaikan operasional, emiten BUMN karya itu fokus kepada program strategis untuk pemulihan keuangan yakni divestasi ruas tol serta restrukturisasi keuangan.

Sampai dengan akhir semester I/2021, Waskita Karya telah merealisasikan divestasi tiga dari sembilan ruas tol yang ditargetkan untuk dilepas tahun ini. Beberapa jalan bebas hambatan yang dilepas antara lain Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi, ruas Cinere – Serpong, dan ruas Batang – Semarang.

Emiten berkode saham WSKT itu baru saja melepas kepemilikan saham di PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) kepada reksa dana penyertaan terbatas (RDPT).

Divestasi itu dilakukan WSKT melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road yang memiliki 40 persen saham di PT JSB. Divestasi itu dilakukan ke dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) SAM Jalan Tol dengan nilai transaksi Rp1,51 triliun.

Dukungan untuk restrukturisasi Waskita Karya juga datang dari pemerintah. Angin segar berhembus dari Gedung DPR pada Senin (12/7/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top