Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id
Lihat Foto
Premium

Angan Baru Telkom (TLKM) Berbisnis Iklan Digital, Bagaimana Rekomendasi Sahamnya?

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) baru saja meluncurkan bisnis terbarunya, periklanan daring. Bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja dan sahamnya?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
01 Juli 2021 | 13:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – “Platform iklan yang dikelola luar negeri itu, umumnya, mengandalkan klik. Jadi, banyak media abal-abal yang mengandalkan itu dan jadilah konten serba clickbait.”

Kalimat tersebut meluncur dari mulut Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Ririek Ardiansyah dalam konferensi pers daring, Selasa (29/6/2021). Ririek tengah mengutarakan keresahannya karena pundi-pundi rupiah yang keluar dari para pengiklan digital di Indonesia lari justru ke platform iklan asing seperti Google Ads dan Facebook.

Padahal, menurutnya, orientasi bisnis platform-platform tersebut tak selaras dengan tujuan stakeholder, pelaku bisnis, termasuk pegiat industri kreatif. Oleh karena itulah, pada acara yang sama, Ririek dan TLKM meluncurkan bisnis baru mereka, yang diberi nama Tanah Air Digital Exchange (Tadex).

Memiliki cara kerja menyerupai Google Ads, Ririek mengklaim platform iklan yang dirintis TLKM lewat tiga anak usahanya yakni Telkomsel, Metranet, dan MD Media tersebut bisa menjadi solusi yang bagus bagi semua pihak. Platform ini diklaim bisa memilah kualitas konten serta mengarahkan pengiklan menuju sasaran audiens yang lebih akurat dan banyak.

“Kalau pengunjungnya banyak, mereka [pengiklan dan media] mendapat banyak pendapatan,” sambungnya.

Seperti disampaikan Ririek, dominasi platform-platform iklan raksasa seperti Google Ads memang tak terbantahkan. Ini setidaknya tampak dari laporan keuangan Alphabet Inc., induk usaha Google yang menaungi Google Ads.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top