Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pilot dan kru pesawat memberi penghormatan terakhir kepada pesawat Garuda Boeing 747-400 di Hanggar 4 GMF Aero Asia, Tangerang, Banten, Senin (9/10). PT Garuda Indonesia secara resmi mempensiunkan pesawat Boeing 747-400 terakirnya setelah beroprasi selama 23 tahun sejak 1994. Pelepasan pesawat ini juga menandai berakhirnya operasional penerbangan haji tahun 2017. JIBI/Bisnis - Felix Jody Kinarwan
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis : Restu Konversi Utang Garuda Indonesia Jadi Saham

Garuda Indonesia terbebani utang dengan rasio debt-to-equity ratio mencapai 1.500 persen pada medio 2006. 
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
23 Juni 2021 | 13:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah turun tangan untuk mencari jalan keluar bagi PT Garuda Indonesia (Persero) yang tengah terlilit utang pada medio 2006.

Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka kemungkinan dilakukan pengalihan utang Garuda Indonesia menjadi saham atau debt-to-equity-swap untuk pinjaman yang dikategorikan bermasalah.

Garuda tercatat memiliki utang US$794,6 juta per 31 Desember 2005. Maskapai pelat merah itu harus melakukan pembayaran per tahun termasuk bunga US$110 juta hingga 2009.

Konversi utang menjadi saham menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan oleh para pemangku kepentingan Garuda Indonesia. Hal itu terekam dalam pemberitaan Koran Bisnis Indonesia edisi 23 Juni 2006 di artikel berjudul ‘Garuda bisa tukar utang jadi saham’. 

Aries Muftie, yang kala itu tengah menjabat sebagai Komisaris Garuda Indonesia, menuturkan sedang dilakukan perundingan antara manajemen dan kreditor perseroan. Tujuannya, untuk menentukan restrukturisasi usaha paling optimal.

“Kemungkinan untuk konversi utang menjadi kepemilikan sangat terbuka. Soal teknis berapa utang yang dikonversi dan jumlah tentu lebih baik direksi yang membicarakan,” ujarnya dikutip dari Koran Bisnis Indonesia edisi 23 Juni 2006.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top