Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tumpukan emas dengan berat dan ukuran yang berbeda-beda dijual di Gold Investments Ltd. di London, Inggris, Rabu (29/7/2020). - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Lihat Foto
Premium

Harga Emas Loyo Lagi, Bagaimana Prospek Saham ANTM, BRMS, MDKA, UNTR?

Kilau emas meredup pada Juni 2021, seiring dengan sentimen dari The Fed. Bagaimana prospek emiten-emiten penambang emas di Indonesia?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
18 Juni 2021 | 17:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Perbaikan harga emas yang sempat terjadi pada Mei 2021, rupanya tidak bertahan lama. Seolah berbalik 180 derajat, sejak memasuki Juni 2021, harga emas global mengalami penurunan secara konsisten.

Hingga penutupan perdagangan pada Kamis (17/6/2021) saja, harga emas Comex untuk kontrak pengiriman Agustus 2021 berada di posisi US$1.774,8 per troy ons. Banderol tersebut merosot 6,83 persen dibandingkan harga awal bulan (month-to-date/mtd) yang sebesar US$1.905 per troy ons.

Kondisi serupa tercermin pada harga emas spot untuk kontrak aktif yang diperdagangkan seharga US$1.773,5 per troy ons pada penutupan perdagangan, Kamis (18/6). Harga tersebut merosot 6,67 persen secara mtd dari posisi US$1900,44 per troy ons.

Imbas dari penurunan signifikan selama 2 pekan terakhir itu pun bisa ditebak. Harga emas dalam negeri versi PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) maupun PT Pegadaian (Persero) turut mengalami penurunan yang tidak beda jauh.

Bisa ditebak pula, harga saham emiten-emiten penambang emas di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga kompak ikut amblas dalam sepekan terakhir.

Harga saham ANTM misal, berada di level Rp2.230 per saham pada penutupan perdagangan, Jumat (18/6). Nominal tersebut melemah 10,08 persen jika dibandingkan harga penutupan saham ANTM pada pekan lalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top