Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pabrik PT Indofarma Tbk. Pada 2019, perusahaan farmasi milik negara itu berhasil mencetak laba setelah 3 tahun menderita kerugian. - indofarma.id
Lihat Foto
Premium

‘Virus’ Penyebab Saham Indofarma (INAF) Mandek Kala Kinerja Bugar

Pertumbuhan dan target tinggi kinerja keuangan Indofarma (INAF) justru berbanding terbalik dengan laju saham perseroan di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang periode 2021. Apakah saham emiten farmasi BUMN itu masih menarik untuk dikoleksi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com
17 Juni 2021 | 10:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— Kendati pendapatannya naik dan punya sederet agenda pengembangan usaha, saham PT Indofarma Tbk. (INAF) sedang terjebak di teritori negatif sepanjang tahun berjalan 2021.

Saham Indofarma sudah terkoreksi 46,4 persen year to date (ytd) dan parkir di level Rp2.160 pada akhir perdagangan Rabu (16/6/2021). Kondisi itu berbanding terbalik dibanding performa superbullish INAF sepanjang tahun lalu yang tercatat melesat 363,22 persen ke level Rp4.030 pada 2020.

Padahal, Indofarma tengah gencar memburu tambahan pendapatan dan memasang target tinggi untuk kinerja 2021. Ambisi itu tecermin dari ekspansi penjualan perseroan di tengah penyebaran pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Akhir pekan lalu, kontainer berwarna hijau yang memuat obat produksi INAF tengah dikapalkan menuju Karachi, Afganistan. Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto mengungkapkan perseroan telah menjalin kerja sama dengan Hikmat Hanafi Ltd. yakni perusahaan distribusi farmasi di Afganistan selama lebih dari 20 tahun.

Arif menyebut empat kontainer berukuran 40 feet itu mengangkut obat ethical generic, ethical branded, dan over the counter (OTC). Dua produk pareto Indofarma yang masuk pasar Afganistan ialah OBH Plus dan Indomag Syrup.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top