Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Rumah potong milik Widodo Makmur Unggas. - Dok. Widodo Makmur Unggas
Lihat Foto
Premium

Pemerintah Pangkas Bibit Ayam Pedaging, CPIN & JPFA dkk Berkokok?

Intervensi pasokan oleh pemerintah akan menjadi suplemen bagi kinerja emiten unggas. Saham mana yang akan berkokok paling kencang?
Iim Fathimah Timorria & M. Nurhadi Pratomo
Iim Fathimah Timorria & M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
16 Juni 2021 | 19:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kebijakan Kementerian Pertanian untuk pemusnahan telur tertunas ayam pedaging menjadi secercah harapan bagi emiten unggas.

Kementerian Pertanian kembali mengeluarkan kebijakan pemusnahan telur tertunas atau hatching eggs ayam pedaging demi mencegah terjadinya kelebihan pasokan yang memicu anjloknya harga di tingkat petani.

Surat Edaran (SE) Perbibitan dan Produksi Ternak yang diterbitkan tanggal 3 Juni 2021 mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32/Permentan/PK.230/09/2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi.

“SE ini diterbitkan untuk mengatur keseimbangan ketersediaan dan kebutuhan DOC FS [day old chicken final stock] ayam ras pedaging,” kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nasrullah.

Nasrullah menilai bahwa SE ini akan berjalan positif demi mencapai stabilisasi pasokan unggas. Dia mengatakan potensi produksi DOC FS setidaknya mencapai 278,24 juta ekor sedangkan kebutuhan DOC FS pada Mei 2021 dan Juni 2021 hanya berada di angka 225,99 juta ekor sehingga surplus berada di angka 52,5 juta ekor.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top