Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Aktivitas di salah satu pabrik PT HM Samporena Tbk tampak dari ketinggian - www.sampoerna.com
Premium

Tarif Cukai Rokok Batal Naik, HMSP Masih Punya Tantangan?

11 Juni 2021 | 16:09 WIB
Keputusan pemerintah tidak menaikkan tarif cukai rokok pada 2022, tak serta merta membuat emiten rokok seperti PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) benar-benar lepas dari tantangan.

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak tahun lalu, prospek bisnis emiten rokok terbilang muram, apalagi setelah pemerintah memutuskan untuk menaikan tarif cukai rokok sebesar 12,5 persen. Meskipun cukup beruntung lantaran kenaikan itu tidak setinggi usulan awal yang mencapai 17-20 persen.

Beruntungnya lagi, otoritas fiskal mengumumkan tidak akan menaikan cukai hasil tembakau (CHT) yang akan berlaku tahun depan. Pemerintah akan menyusun tarif ideal untuk melakukan penyesuaian terhadap harga jual eceran (HJE) produk hasil tembakau atau rokok. Angka kenaikan HJE yang dikaji saat ini berkisar 10 - 12,5 persen.

Adapun alasan otoritas fiskal tidak menaikan tarif cukai rokok kembali lantaran kenaikan yang berlaku saat ini sudah terbilang tinggi. 

Kenaikan yang berlaku saat ini terdiri dari, industri yang memproduksi sigaret putih mesin (SPM) golongan I 18,4 persen, sigaret putih mesin golongan II A 16,5 persen, sigaret putih mesin IIB 18,1 persen, sigaret kretek mesin (SKM) golongan I 16,9 persen, sigaret kretek mesin II A 13,8 persen, dan sigaret kretek mesin II B 15,4 persen.

Lalu bagaimana efek ditundanya kenaikan tarif cukai rokok tahu depan terhadap salah satu raksasa emiten rokok Indonesia yakni PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP)?

Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan mengatakan bahwa rencana pemerintah itu setidaknya dapat membantu emiten produsen rokok untuk mempertahankan marginnya agar tidak turun lebih lanjut, termasuk HMSP.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top