Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kapal memuat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok. - Antara / Fanny Octavianus
Premium

Inflasi Melaju dan PMI Ekspansif, Saham Emiten Mana yang Menarik?

08 Juni 2021 | 19:15 WIB
Saham sejumlah emiten layak dicermati di tengah perubahan sejumlah data ekonomi makro dan indeks manufaktur.

Bisnis.com, JAKARTA – Perputaran roda perekonomian Tanah Air bisa dibilang tengah bergerak ke arah lebih positif. Hal tersebut tercermin dari optimisme manufaktur yang kian ekspansif yang akan mendorong laju produksi menguat dan solid.

IHS Markit sebelumnya telah merilis data PMI Manufaktur Indonesia pada Mei 2021 sebesar 55,3. Angka tersebut meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 54,6.  Adapun, PMI manufaktur pada April merupakan yang tertinggi sejak pandemi melanda. 

Sementara itu, PMI Manufaktur global juga menguat ke level 56 pada Mei 2021, dan merupakan yang tertinggi sejak April 2010, hal ini didorong oleh pertumbuhan yang solid dari permintaan baru, ekspor baru. Selain itu produksi akibat mulai pulih perekonomian dunia terutama di bagian barat yang memiliki tingkat vaksinasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara Asia.

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) juga telah mengumumkan data inflasi per Mei 2021 naik di atas ekspektasi sebesar 0,28 persen secara bulanan dan 1,64 persen secara tahunan menjadi 0,32 persen secara bulana, dan 1,68 persen secara tahunan.

Pendiri Emtrade Ellen May menjelaskan data tersebut dapat menjadi indikasi yang cukup baik mengingat konsumsi merupakan komponen utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Apabila konsumsi semakin meningkat, lanjutnya, tentu indikator ekonomi Indonesia sudah mengalami perbaikan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top