Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana pekerja di ruang produksi pabrik rokok PT Digjaya Mulia Abadi (DMA) mitra PT HM Sampoerna, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (16/6/2020). - Antara / Siswowidodo
Premium

Historia Bisnis : Akuisisi Saham HMSP Dibayar Lunas

31 Mei 2021 | 19:45 WIB
Philip Morris Indonesia menyetorkan seluruh dana untuk menguasai saham PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) dari Putera Sampoerna.

Bisnis.com, JAKARTA — Philip Morris Indonesia melunasi seluruh kewajiban pembayaran akuisisi saham PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) yang dibanderol dengan harga premium.

Philip Morris International Inc melalui Philip Morris Indonesia (PMI) mengumumkan telah menandatangani perjanjian akuisisi 40 persen saham HMSP dengan harga Rp10.600 pada 15 Maret 2005.

PMI membanderol saham HMSP dengan harga premium alias di atas harga pasar. Pasalnya, harga yang menjadi acuan akuisisi adalah penutupan saham HMSP Rp8.850 pada 10 Maret 2005.

Artinya, PMI membayar saham HMSP 20 persen di atas harga pasar. Dengan berpatok kepada harga penawaran itu, nilai akuisisi mencapai Rp18,6 triliun.

Kurang dari tiga bulan, PMI melunasi seluruh kewajiban pembelian saham HMSP. Peristiwa itu terekam dalam pemberitaan Koran Bisnis Indonesia edisi 31 Mei 2005 di artikel berjudul ‘PMI Lunasi akuisisi Sampoerna’.

Direktur Sampoerna Angky Camaro menegaskan pihaknya telah menerima semua uang pembelian dari PMI. Namun, dia tidak memerinci jumlah yang diterima.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top