Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Lubang tambang terbuka Blambangan di proyek Toka Tindung milik PT Archi Indonesia. - rajawali.com
Premium

Maju Mundur IPO Archi Indonesia dan Silaunya Kemilau Emas Global

31 Mei 2021 | 08:06 WIB
Perusahaan pertambangan emas milik Grup Rajawali, PT Archi Indonesia, rupanya melanjutkan rencana IPO pada tahun ini. Cemerlangnya kemilau emas jadi penentu.

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah sempat menunda rencana go public pada 2014 dan dikabarkan kembali batal melantai di bursa, PT Archi Indonesia rupanya tetap maju melaksanakan niatan Initial Public Offering (IPO) pada tahun ini.

Perusahaan tambang emas di bawah Grup Rajawali itu bahkan bakal menggelar pemaparan publik secara daring pada Senin (31/5/2021). Perusahaan ini merupakan salah satu produsen pure-play emas (pure-play gold producer) terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Archi telah berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja eksplorasi dan produksi emas yang kuat selama 10 tahun beroperasi, sambil berfokus pada operasi yang berkelanjutan dan terus menjadi pemimpin ESG [Environmental, Social and Good Governance] di industri,” tulis undangan public expose yang diterima Bisnis, Minggu (30/5).

Go public menjadi strategi untuk perusahaan tersebut mengakselerasi pertumbuhan bisnis serta lebih meningkatkan praktik tata kelola perusahaan yang baik. 

Undangan paparan publik tersebut seakan membantah kabar bahwa Archi memilih kembali menunda rencana go public-nya. Pada Minggu (23/5), Bloomberg melaporkan bahwa IPO yang diperkirakan bernilai US$500 juta itu dibatalkan lantaran lemahnya harga emas dan pasar modal Indonesia. 

Sumber Bloomberg yang tidak disebutkan namanya menyatakan bahwa keputusan itu diambil setelah mengukur potensi penyerapan dari saham yang akan dilepas, pada April 2021. Meski demikian, sumber tersebut juga menyampaikan bahwa rencana listing bisa tetap terealisasi jika kondisi pasar membaik.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top