Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Musim pembagian dividen masih berlanjut dan masih ada emiten dari IDX High Dividend 20 yang belum melaksanakan RUPS Tahunan.(ANTARA - Puspa Perwitasari)
Premium

Investor Harap Bersabar, Sederet Emiten Kurangi & Tahan Dividen

28 Mei 2021 | 06:45 WIB
Keputusan memperkecil hingga tidak membagikan dividen atas kinerja tahun 2020 harus dipilih sederet emiten akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet emiten yang biasanya royal membagikan keuntungan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen harus absen untuk kinerja periode 2020 demi menjaga tingkat likuiditas di tengah pandemi Covid-19.

Kabar terbaru datang dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) yang menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Kamis (27/5/2021). Dua emiten badan usaha milik negara (BUMN) itu tidak membagikan dividen atas kinerja tahun buku 2020.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menuturkan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk senilai Rp501,05 miliar tak dibagikan jadi dividen, tetapi menjadi cadangan.

“Dengan pertimbangan bahwa saat ini Jasa Marga perlu memperkuat capital structure di tengah pandemi Covid-19 yang turut berdampak terhadap bisnis perseroan,” katanya, Kamis (27/5/2021).

Untuk kinerja 2019, korporasi tol milik negara itu masih membagikan dividen meski dividend payout ratio (DPR) menciut dibandingkan dengan tahun sebelumnya. JSMR masih membagikan dividen 5 persen atau Rp110,36 miliar dari laba bersih Rp2,21 triliun pada 2019.

Manajemen Jasa Marga kala itu beralasan keputusan besarnya dividen dengan mempertimbangkan ekspansi bisnis jalan tol dan memperkuat likuiditas di tengah pandemi Covid-19. Penurunan DPR JSMR setidaknya sudah terjadi sejak 2018.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top