Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah konsumen memilih produk yang tersisa pada hari terakhir pengoperasian toko ritel Giant Ekstra di Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (17/3/2021). ANTARA FOTO/Feny Selly - rwa.
Premium

Sejarah Lika-liku HERO ‘Pensiunkan’ Giant dari Pasar Indonesia

25 Mei 2021 | 19:31 WIB
Sebelum akhirnya menutup seluruh gerai Giant di Indonesia, PT Hero Supermarket Tbk. (HERO) sempat beberapa kali melakukan perubahan strategi guna menyelamatkan merek ritel modern itu di pasar Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Keputusan PT Hero Supermarket Tbk. menutup seluruh gerai Giant mendadak menarik perhatian publik. Bagaimana tidak, Giant merupakan salah satu merek hypermarket yang cukup legedaris di Indonesia

Sebab, di beberapa daerah, Giant sempat menjadi salah satu tujuan utama masyarakat ketika ingin berbelanja. Terutama ketika tren bisnis ritel modern menjamur di Tanah Air.

Momentum berkembangnya merek hypermarket yang berasal Malaysia itu bermula ketika gerai Giant yang pertama kali muncul di Indonesia, dibuka di Villa Melati Mas, Serpong, Tangerang pada 26 Juli 2002. 

Sejak saat itu, Giant terus berkembang dan menjadi andalan Grup HERO untuk bersaing di pasar ritel modern Indonesia. Apalagi pada periode yang hampir sama, sejumlah merk lain juga berkembang seperti salah satunya Carrefour.

Memasuki medio 2010, HERO pun membuat konsep baru bagi Giant. Dalam hal ini, Giant tak lagi bergantung dengan konsep ritel modern hypermarket. Langkah itu dilakukan dengan membentuk Giant Ekstra untuk segmen hypermarket, Giant Eskpres untuk segmen supermarket, dan Giant Mart untuk segmen minimarket.

Strategi itu dilakukan perusahaan, lantaran mereka menyadari, pola berbelanja masyarakat mulai berubah dengan tak lagi menggandrungi gerai berkonsep hypermarket.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top