Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Petugas melakukan proses penyimpanan sementara aluminium ingot di pabrik peleburan PT Inalum, Batubara, Sumatera Utara. - Antara / Irsan Mulyadi.
Premium

Menakar Prospek Harga Minyak Hingga Emas ke Depan

21 Mei 2021 | 22:47 WIB
Sejumlah komoditas seperti CPO hingga nikel berhasil menembus harga tertinggi sepanjang tahun ini, akankah bertahan hingga pergantian kalender?

Bisnis.com, JAKARTA - Harga sejumlah komoditas terus menunjukan tren peningkatan dan mendekati harga tertingginya sepanjang sejarah pada tahun ini. Kondisi itu terjadi seiring dengan pemulihan ekonomi ekonomi Amerika Serikat dan China setelah terpukul oleh pandemi Covid-19.

Meski tengah mencari keseimbangan baru, lonjakan harga komoditas dalam beberapa waktu terakhir diproyeksikan belum usai. Penurunan yang terjadi belakangan dinilai sebagai langkah tengah mengambil jeda. 

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli tergelincir US$2,05 atau 3,0 persen, menjadi US$66,66 per barel.  Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juni terpangkas US$2,13 atau 3,3 persen, menjadi US$63,36 per barel. Harga tersebut menjadi penutupan terendah untuk kedua kontrak acuan sejak 27 April.

Harga bijih besi di Bursa Komoditas Dalian China turun 0,75 persen ke CNY 1.126,5/ton. Dalam sepekan terakhir, harga komoditas ini anjlok lebih dari 5 persen. Sementara, dari komoditas logam emas, harga emas sempat melenggang ke atas US$1.875/troy ons kemarin, meski hari ini kembali terkoreksi. Di arena pasar spot harga emas dunia melemah 0,26 persen ke US$1871/troy ons.

Komoditas minyak hingga logam bergerak turun pekan ini setelah beberapa hari terjadi gejolak pasar dari komoditas, saham, hingga cryptocurrency. Investor masih dikhawatirkan oleh inflasi, spekulasi bahwa Federal Reserve AS akan mengurangi stimulus, dan lebih banyak peringatan dari China tentang lonjakan harga yang mendingin.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top