Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Warga berbelanja kebutuhan pokok di salah satu supermarket di Jakarta, Selasa (20/4/2021). - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Premium

Minim Dampak Momentum Lebaran terhadap Saham Emiten Ritel

17 Mei 2021 | 19:02 WIB
Meskipun kinerja peritel modern pada Lebaran kali ini diklaim lebih baik, tidak demikian adanya dengan pergerakan saham di lantai bursa. Emiten ritel mana yang boncos dan mana yang cuan?

Bisnis.com, JAKARTA — Sepanjang libur Lebaran, sektor ritel modern mendapat embusan angin segar. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memperkirakan momen Ramadan dan Lebaran 2021 mengerek omzet perusahaan-perusahaan ritel antara 25-30 persen jika dibandingkan tahun lalu.

“Indikasi kami lihat ada peningkatan signifikan. Kami perkirakan naik di kisaran 25-30 persen,” kata Ketua Umum Aprindo Roy Mandey, Minggu (16/5/2021).

Perbaikan penjualan tersebut terutama terjadi selama masa Ramadan. Dia menyebut bahwa jelang Idulfitri, belanja ritel mulai melandai meski tetap dalam tren tinggi untuk beberapa segmen seperti makanan dan minuman.

Secara umum, kabar positif lain di balik kenaikan tersebut adalah proporsi yang mulai berimbang.

“Jika tahun lalu, di tengah pandemi porsi pangan sampai 80 persen dari belanja [ritel], sekarang bisa 50:50 untuk pangan dan non-pangan,” sebut Roy.

Aprindo lantas menyatakan kepercayaan diri mereka jika tahun ini kontribusi penjualan selama masa Ramadan dan Lebaran bisa kembali setara 40 persen lebih rapor penjualan sepanjang tahun, seperti layaknya kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top