Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Bantuan Likuiditas Bank Indonesia digunakan untuk menyelamatkan bank yang sakit. -  Dimas Ardian / Bloomberg
Premium

Historia Bisnis : BI Kejar Bank-bank Mini Merger

10 Mei 2021 | 14:14 WIB
Bank Indonesia menginstruksikan bank wajib untuk memenuhi modal minimal Rp80 miliar hingga akhir 2007.

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia tidak memberi toleransi kepada bank-bank yang memiliki modal jauh di bawah Rp80 miliar. Bank sentral menyarankan mereka untuk segera merger pada 2007.

Bank sentral mencatat terdapat sekitar 20 bank yang memiliki modal di bawah Rp80 miliar berdasarkan laporan keuangan akhir 2005. Sejatinya Bank Indonesia (BI) masih menyerahkan proses konsolidasi sepenuhnya kepada mekanisme pasar hingga akhir 2006.

Sayangnya, BI menilai tanggapan dari perbankan belum menggembirakan. Padahal, Arsitektur Perbankan Indonesia (API) mensyaratkan pemenuhan odal minimum Rp80 miliar pada 2007.

Peristiwa itu terekam dalam pemberitaan Koran Bisnis Indonesia edisi 10 Mei 2006 di artikel berjudul ‘BI paksa 10 bank merger’.

Gubernur Bank Indonesia kala itu, Burhanuddin Abdullah menjelaskan bahwa berbagai alasan yang sering dikemukakan kalangan perbankan adalah adanya perbedaan budaya antarbank, kesulitan menemukan nilai wajar dari suatu bank, dan harapan akan insentif pajak merger dan akuisisi. Akibatnya, konsolidasi berjalan lambat.

“Penundaan ini tidak dapat kami akomodasikan lagi. Semakin mendekati 2008 BI akan lebih directive [menginstruksikan] agar percepatan konsolidasi dapat terlaksana,” ujarnya dikutip dari Koran Bisnis Indonesia edisi 10 Mei 2006.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top