Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Wajah Bung Karno dan Bung Hatta terpampang dalam uang kertas pecahan Rp100.000. - Bloomberg/Brent Lewin
Premium

Tips Alokasi THR untuk Investasi, Pilih Saham, Kripto, atau Emas

07 Mei 2021 | 16:25 WIB
Idealnya sekitar 20 persen THR dapat dialokasikan sebagai investasi. Apalagi dengan peniadaan mudik, dana investasi dapat ditambah.

Bisnis.com, JAKARTA - Momen Lebaran bisa bertambah istimewa karena turunnya tunjangan hari raya (THR) bagi karyawan. Menginvestasikan rezeki nomplok ini dapat menjadi langkah bijak di tengah situasi pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir.

Beragamnya pilihan investasi membuat kita perlu memiliki strategi bagaimana mengalokasikan aset agar tidak salah langkah. Maklum, setiap kelas aset memiliki risiko dan potensi imbal hasil yang berbeda-beda.

Sebagai gambaran, tahun ini aset kripto tengah jadi primadona dengan tingkat return yang luar biasa. Bitcoin, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, mampu menghasilkan kinerja 88,5 persen selama tahun kalender.

Walau begitu, kinerja Bitcoin terasa tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan laju Dogecoin, cryptocurrency yang ditemukan oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus.

Walau pada awal kemunculannya dianggap sebagai lelucon, Dogecoin memberikan imbal hasil 11.441 persen secara year to date (ytd), hingga Rabu (5/5) pukul 16.00 WIB.

Di sisi lain, aset logam mulia yang tahun lalu banyak dipuja kini memberikan imbal hasil negatif. Emas fisik produksi Antam yang per 1 gramnya pada Rabu (5/5) dilego seharga Rp922.000, memberikan kerugian hingga 4,5 persen ytd.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top