Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kendaraan melaju di antara gedung bertingkat di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (14/11/2019). - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Premium

Ekonomi RI Masih Resesi, Waktunya BoW Saham Pilihan

06 Mei 2021 | 20:05 WIB
Data pertumbuhan ekonomi RI periode kuartal I/2021 yang masih terkontraksi menjadi kesempatan bagi para investor untuk mengakumulasi saham pilihan.

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet saham dapat menjadi pilihan investor di tengah pertumbuhan ekonomi RI yang masih terkontraksi pada kuartal I/2021.

Produk domestik bruto (PDB) Indonesia turun 0,74 persen year-on-year (yoy) dan 0,96 persen quarter-on-quarter (qoq) pada kuartal I/2021.

Realisasi itu memang lebih rendah dibandingkan dengan estimasi kontraksi konsensus sebesar 0,65 persen yoy dan 0,85 persen yoy. Namun, tingkat kontraksi tersebut jauh lebih baik dari penurunan 2,19 persen pada kuartal IV/2020.

Head of Research Henan Putihrai Sekuritas Robertus Yanuar Hardy berpandangan lebih konservatif bahwa pertumbuhan akan lebih rendah sebesar 50 – 75 basis points (bps) pada kuartal II/2021. Hal itu sejalan dengan kemunculan varian baru Covid-19 yang sudah terdeteksi di beberapa wilayah Indonesia.

Kendati angka perdagangan, investasi, dan manufaktur menunjukkan kemajuan signifikan, Robertus berpandangan pertumbuhan ekonomi RI secara keseluruhan akan tetap berada di bawah proyeksi konsesus.

Kondisi yang menjadi landasan proyeksi itu yakni inflasi inti dan penjualan  ritel tetap melemah karena pembatasan pergerakan orang yang sedang berlangsung.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top