Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
CEO CT Corp Chairul Tanjung (kiri) bersama bersama sejumlah pimpinan perusahaan rintisan di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/11/2018). - ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Premium

Hasrat Mitsui & Co dan Penantian Geliat Bisnis CT Corp

05 Mei 2021 | 17:55 WIB
Mitsui & Co Ltd. menyerap obligasi konversi senilai Rp13,2 triliun yang diterbitkan CT Corp. Untuk apa dana segar dari surat utang tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA — Ekspansi besar-besaran di segmen perbankan yang mengantarkan Chairul Tanjung masuk daftar 5 orang terkaya Indonesia 2021 versi Forbes hanyalah awal. Tinggal menunggu waktu hingga bisnis sosok yang kerap dijuluki Si Anak Singkong itu kian menggurita.

Teranyar, bisnis Chairul yang sebagian besar berada di bawah naungan PT CT Corpora alias CT Corp mendapat suntikan dana segar dari Mitsui & Co Ltd.

Perusahaan yang merupakan salah satu entitas kelolaan Grup Mitsui asal Jepang tersebut mengumumkan bahwa mereka akan membeli obligasi konversi senilai 100 miliar yen alias Rp13,2 triliun yang diterbitkan CT Corp.

Obligasi dipecah dalam dua bagian. Bagian pertama, sebesar 33 miliar yen, akan berstatus sebagai pengganti corporate bond yang pernah dibeli Mitsui dari CT Corp pada 2018. Sisanya, sebanyak 67 miliar yen, bakal dikucurkan secara terpisah dari perjanjian tersebut.

Obligasi konversi adalah jenis surat utang berbunga rendah yang dapat dikonversi menjadi saham entitas penerbit. Artinya, dengan adanya kesepakatan tersebut, Mitsui akan punya hak untuk mendapat imbal balasan berupa porsi saham CT Corp pada masa mendatang.

Dalam siaran persnya, pihak Mitsui menyiratkan bahwa mereka tak main-main dengan “ekspansi” di CT Corp. Perusahaan ini berencana mengirimkan orang-orangnya ke dalam struktur manajemen CT Corp seiring munculnya konversi saham akibat perjanjian tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top